Sistem Informasi Eksekutif Tools

August 21st, 2010 by layong Leave a reply »

SIE memiliki berbagai macam tools; tools SIE dapat dibuat dar berbagai macam aspek dari pandangan bisnis melalui kontrol history data yang terekam dalam sistem informasi perusahaan.

SIE mempunyai tiga tools utama yang terdiri dari: (1) data warehouses, (2) analytical tools, dan (3) reporting tools. Data warehouse sebagai alat (tools) untuk mendapatkan dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti data dari sistem informasi perusahaan yang ada, data eksternal, yang selanjutnya akan diintegerasikan untuk diolah. Analytical tools, nama lainnya adalah Data Mining, dimana alat ini akan menganalisa dan menemukan pola dari informasi yang dihasilkan oleh Data Warehouse. Reporting tools, sebuah alat yang akan berfungsi sebagai presentation view dalam bentuk grafik dan visual sehingga SIE menjadi lebih interaktif dengan penggunanya.

Micro strategy mendefinisikan bentuk atau gaya dari SIE sebagai berikut:

  • Enterprise Reporting – laporan yang dihasilkan secara umum akan dipakai oleh banyak orang.
  • Cube Analysis – Cube-based BI tools seringkali digunakan secara langsung dalam bentuk slice-and-dice analytical capabilities oleh para manager.
  • Ad Hoc Query and Analysis – Relational OLAP tools yang digunakan untuk memberikan akses khusus kepada power users untuk membuat query dari database untuk berbagai keperluan, slice-and-dice seluruh database serta bisa menggunakan atau meneliti data hingga transactional level.
  • Statistical Analysis and Data Mining – data atau laporan yang dihasilkan adalah prediktif berdasarkan data lampau serta memberikan prediksi keuntungan dan kerugian dalam sebuah korelasi dua buah metrics.
  • Report Delivery and Alerting – Report Distribution engines yang digunakan untuk mengirim laporan secara lengkap atau memberikan tanda peringatan kepada pengguna SIE berdasarkan jadwal yang telah dipasang dalam sistem. (Micro Strategy, 2002)
Advertisement

Leave a Reply