Karakterisitik KM

September 10th, 2010 by layong Leave a reply »

Karakterisitik dari knowledge management adalah tacit knowledge, explicit knowledge, dan implicit knowledge.

Explicit knowledge adalah sebuah knowledge yang dapat direpresentasikan dalam bentuk bahasa standar. Explicit knowledge lebih mudah untuk disimpan, diambil, dibagi dan disebarluaskan dalam organisasi. Beberapa contoh dari explicit knowledge adalah  publikasi komersial, email, internet, GroupWare, intranet, database, organizational business record dan materi pembelajaran yang lain.

Tacit knowledge adalah knowledge yang bertolak belakang dengan explicit knowledge yaitu knowledge yang tidak bisa dituangkan dalam bahasa standar. Tacit knowledge hanya terdapat pada individu berdasarkan pengalaman. Knowledge ini juga banyak dipengaruhi oleh intuisi, pengamatan, firasat dan skills individu tersebut. Knowledge ini sulit sekali dituangkan dalam bentuk tulisan sehingga knowledge ini menjadi sulit untuk disebarluaskan dalam organisasi.

Sedangkan untuk implicit knowledge, adalah sebuah knowledge yang tidak perlu dijelaskan bagaimana dilakukan, tetapi bisa dilakukan dengan baik. Contoh: tidak semua orang tahu menjelaskan bagaimana caranya kerja bernafas, tapi semua orang bisa bernafas dengan baik.

source: Nunes, Miquel Baptista, Annansingh, Fenio, Eaglestone, Barry, & Wakefield, Richard, Knowledge Management Issues in Knowledge-intensive SMEs, Journal of Documentation, 2006; 62. UK.

Advertisement

Leave a Reply