Rutinitas… Go Away…

July 26th, 2010 by layong Leave a reply »

Hmm.. berapa tahun anda telah bekerja? 5 tahun? 10 tahun? Bagaimana dengan karir anda? Tetap? Menanjak terus? Lumayan baik?

Itu adalah beberapa pertanyaan yang seiring kita bekerja di suatu perusahaan untuk jangka waktu yang lama. Banyak sekali karyawan yang sudah lama bekerja tetapi tidak dipandang layak untuk memegang tanggung jawab lebih. Pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah, apa yang salah dengan saya? Mengapa saya tidak dipromosi?

Pernahkah anda membayangkan jikalau anda adalah pemilik perusahaan atau setidaknya atasan dari beberapa anak buah. Apa yang anda inginkan dari anak buah anda sehingga anda bisa memberikan tanggung jawab lebih kepada mereka? Yang pasti anda menginginkan anak buah anda bekerja sebaik mungkin, menghasilkan produk kerjaan yang berkualitas, serta terus memberikan ide-ide menarik agar seksi/departemen/divisi yang anda pimpin terus maju.

Ya. Jawabannya untuk anda-anda yang sampai saat ini belum dipromosi adalah anda hanya bekerja untuk rutinitas saja. Bagi para atasan untuk mencari seseorang untuk mengerjakan rutinitas kantor adalah mudah adanya dan banyak sekali orang yang mengantri masuk untuk menggantikan anda dengan gaji yang lebih rendah. Sedangkan, untuk karyawan yang terus berinovasi melakukan perbaikan dalam cara bekerja sangatlah sedikit ditemukan. Maka dari itu, perusahaan berani membayar lebih untuk orang-orang seperti ini.

Mungkin bagi sebagian orang akan memberikan pendapat miring terhadap tulisan ini. “Bicara sih gampang, kerjaan rutinitas saja sudah segunung, bagaimana berinovasi?” jika anda termasuk orang yang seperti ini, selamat anda akan terus bekerja seperti itu sampai waktu yang lama sekali tanpa ada peningkatan tanggung jawab atau salary.

Untuk anda-anda yang ingin maju, coba temukan mutiara dalam rutinitas anda. Selalu ada hal-hal luar biasa yang bisa kita ambil dan kita implementasikan dalam pekerjaan kita sehingga pekerjaan kita menjadi efektif dan efisien. Bilamana pekerjaan anda sudah efektif dan efisien, jangan takut meminta kerjaan yang lain lagi. Dengan begitu, sebenarnya anda telah menunjukan kepada atasan anda bahwa anda mempunyai kapasitas lebih dibanding karyawan yang lain.

Do your works effective and efficient, so you can seek another works to show your capacity.

Advertisement

Leave a Reply