Redenominasi Dari Sisi Psikologis

August 5th, 2010 by layong Leave a reply »

Setelah penulis memaparkan sedikit tentang pengertian redenominasi, sekarang penulis akan mengulas pengaruh redenominasi dari sisi psikologis manusia. Sisi psikologis manusia sangat sensitive, sekaligus sentaja yang paling ampuh untuk melumpuhkan musuh, dalam kasus ini Negara atau pemerintah yang berkuasa.

Bila diperhatikan, redenominasi bukanlah sebuah rencana yang dapat membuat Negara dalam keadaan siaga satu atau membuat rakyat tiba-tiba miskin mendadak. Tapi, pengaruh redenominasi bagi psikis seseorang bisa menyebabkan hal-hal buruk dapat terjadi.

Contoh sederhananya, rakyat Indonesia masih trauma dengan kejadian pengguntingan nilai mata uang dalam hal ini nilai tukarnya, yang mana tidak diimbangi dengan turunnya harga barang, yang terjadi justru sebaliknya, harga barang tetap, tetapi nilai tukar mata uang turun. Hal ini, yang menyebabkan resesi dan kemiskinan rakyat secara mendadak. Kelaparan dan kerusuhan akan terjadi dimana-mana.

Beberapa cara yang terlintas diotak penulis untuk mengatasi sisi negative redenominasi bagi psikologis manusia, adalah: (1) pemerintah harus sosialisasi pengertian redenominasi sampai ke propinsi yang paling ujung, sehingga informasi yang sesat tidak membuat khawatir masyarakat; (2) penggantian istilah redenominasi dengan istilah yang lebih baik dan yang dapat diterima oleh semua kalangan, karena belum tentu bahasa yang dimengerti oleh kalangan finance, bisa dimengerti oleh kalangan IT atau kalangan yang tidak mempunyai pendidikan yang cukup; (3) pada saat penggantian mata uang, pemerintah harus bersikap tegas kepada pengusaha atau penjual yang tidak menurunkan harga sesuai nilai fisik mata uang, sehingga penggeseran makna redenominasi tidak menjadi sanering atau devaluasi; (4) melakukan pembangunan yang terus ditingkatkan agar memperlihatkan sisi positif dari redenominasi; (5) pemberantasan korupsi yang lebih gencar, agar masyarakat percaya sepenuhnya kepada pemerintah.

Bila sisi psikologis ini bisa ditangani dengan baik oleh pemerintah, niscaya rencana redenominasi akan berhasil dan membawa Indonesia menuju perekonomian yang lebih baik, tapi apabila fondasi ini tidak kuat, rencana redenominasi bisa menjadi senjata makan tuan bagi pemerintah.

-LLM-

Advertisement

Leave a Reply