9 Langkah dalam Implementasi BCS

October 14th, 2010 by layong Leave a reply »

Menurut Ashu Sharma pada jurnalnya “Implementing Balance Scorecard For Performance Measurement“ tahun 2009, terdapat 9 (sembilan) langkah dalam implementasi BCS hingga sukses, yaitu:

  1. Langkah pertama pada proses membangun scorecard dimulai dengan penilaian dari misi dan visi organisasi, tantangan dan nilai-nilai. Hal ini juga termasuk mempersiapkan rencana manajemen perubahan bagi organisasi
  2. Langkah kedua, unsur-unsur strategi organisasi, termasuk hasil strategis, tema strategis dan perspektif, yang dikembangkan untuk memusatkan perhatian pada kebutuhan pelanggan dan proposisi nilai organisasi.
  3. Pada langkah ketiga, elemen-elemen strategis yang dikembangkan pada langkah satu dan dua, didekomposisi menjadi sebuah tujuan strategis, yang merupakan blok bangunan dasar dari strategi dan menentukan tujuan strategis organisasi. Tujuan yang pertama dimulai dan dikategorikan pada tingkat tema strategis, dikategorikan oleh perspektif, dan terkait dalam hubungan sebab-akibat (peta strategi) untuk setiap tema strategis dan kemudian bergabung bersama-sama untuk menghasilkan satu set tujuan strategis untuk seluruh organisasi.
  4. Pada langkah empat, penyebab dan efek hubungan antara tujuan strategis perusahaan yang tertuang dalam peta strategi perusahaan. Tema peta strategi yang dibangun sebelumnya telah bergabung ke dalam peta strategi keseluruhan perusahaan yang menunjukkan bagaimana organisasi menciptakan nilai bagi pelanggan dan stakeholder.
  5. Pada tahap lima, tolok ukur kinerja dikembangkan untuk masing-masing tujuan strategis perusahaan. Memimpin dan lagging tindakan diidentifikasi, target yang diharapkan dan batasan yang ditetapkan, serta baseline dan data pembandingan dikembangkan.
  6. Pada langkah enam, inisiatif strategis yang dikembangkan yang mendukung tujuan strategis. Untuk membangun akuntabilitas di seluruh organisasi, kepemilikan tolok ukur kinerja dan inisiatif strategis diberikan kepada staf yang tepat dan didokumentasikan dalam tabel data definisi.
  7. Pada langkah tujuh, proses pelaksanaan dimulai dengan menerapkan pengukuran kinerja perangkat lunak untuk mendapatkan informasi kinerja yang tepat untuk orang yang tepat pada waktu yang tepat. Otomasi menambah struktur dan disiplin untuk menerapkan sistem balanced scorecard, membantu transformasi data perusahaan yang berbeda menjadi informasi dan pengetahuan dan membantu mengkomunikasikan informasi kinerja. Singkatnya, otomatisasi membantu orang membuat keputusan yang lebih baik karena menawarkan akses cepat ke data kinerja aktual.
  8. Pada langkah delapan, level scorecard perusahaan mengalir ke dalam bisnis dan dukungan scorecard unit, yang berarti scorecard tingkat organisasi (tingkat pertama) diterjemahkan ke dalam unit bisnis atau unit pendukung Scorecard (tingkat kedua) dan kemudian diterjemahkan ke tim dan individu Scorecard (tier ketiga). Menerjemahkan strategi secara terbalik dari tingkat tinggi ke dalam tujuan tingkat rendah, ukuran dan rincian operasional. Cascading adalah kunci untuk penyelarasan organisasi sekitar strategi. Tim dan individu Scorecard link bekerja sehari-hari dengan tujuan departemen dan visi perusahaan. Pengukuran kinerja dikembangkan untuk semua tujuan di semua tingkat organisasi. Sebagai pengukuran kepada sistem manajemen yang mengalir turun melalui organisasi, tujuan menjadi lebih operasional dan taktis, seperti melakukan pengukuran kinerja. Akuntabilitas mengikuti tujuan dan ukuran, sebagai kepemilikan didefinisikan pada setiap tingkat. Penekanan pada hasil usaha dan strategi yang diperlukan untuk memproduksi hasil yang dikomunikasikan ke seluruh organisasi.

Pada langkah sembilan, evaluasi scorecard selesai dikerjakan.

Advertisement

Leave a Reply